Apr 29, 2012

Golden Week

Akhir pekan ini mulailah ritual libur panjang tahunan yang disebut Golden Week (GW) di Jepang. Golden Week ini sebetulnya hari libur gabungan 4 hari besar yaitu, Hari Showa tanggal 29 Mei yang merupakan hari besar untuk memperingati ulang tahun Kaisar Showa, Hari Undang-Undang Dasar yang merupakan peringatan hari mulai diberlakukannya Undang-Undang Dasar pada tanggal 3 Mei 1947, Hari Alam tanggal 4 Mei untuk berterima kasih kepada alam karena sudah memberi kehidupan kepada manusia, dan Hari Anak Laki-Laki tanggal 5 Mei (Hari Anak Perempuan diperingati setiap tanggal 3 Maret). Golden Week tahun ini terhitung panjang (9 hari) bila liburnya digabung dengan weekend sabtu dan minggu.

KOINOBORI
Golden Week biasanya digunakan untuk liburan dengan pasangan atau keluarga. Tidak sedikit yang ke luar negeri atau sekedar pulang kampung. Bisa dibayangkan bagaimana riuhnya dan macetnya lalu lintas disini. Pergi kemana-mana pasti padat, jadi biasanya saya menghindari pergi jauh ketika GW. Banyak event ketika liburan ini, terutama pada hari alam, biasanya kebun binatang gratis masuk. Tahun lalu kami pergi ke Ueno Zoo yang terkenal itu, tapi aduuuuuhhhh penuhnyaaaaa... Bukan liat binatang tapi liat orang deh jadinya, hehehee... Untung masuknya gratis jadi gak kerasa rugi-rugi banget. Mau liat panda yang lucu dan terkenal si Lili aja mesti ngantri 3 jam, aduuuh gak deh, mending kami liat binatang lain yang gak pake ngantri. Hari anak laki-laki juga biasanya banyak acara dimana-mana. Hari anak laki-laki ini biasanya ditandai dengan mengibarkan ikan koi besar yang terbuat dari kain yang disebut KOINOBORI di rumah-rumah yang memiliki anak laki-laki. Jadi di rumah kami pun saya sudah sejak awal april lalu mengibarkan mini koinobori di depan rumah, hehehhe... Selain itu, kami juga pergi ke Yokohama dan Showa Park yang masih terletak di sekitaran Tokyo aja.

GW 2011 di Ueno Zoo
GW tahun ini kami diundang menginap 2 hari di rumah seorang kenalan di Chiba. Selain itu gak ada acara khusus, mungkin pengen juga pergi ke Tama Zoo dan ajak anak-anak main ke semacam play land, atau mungkin hanya santai-santai di rumah. Beberapa bulan terakhir ini saya merasa sibukkkkk sekali sampai kurang waktu bersama anak-anak. Banyu juga barusan masuk SD awal April ini, jadi mungkin ini kesempatan untuk ngobrol banyak sambil menghilangkan lelahnya setiap hari harus bangun pagi dan terburu-buru kesana kemari seperti angin puting beliung, hehehhee...

Happy GW semua!

1 comment:

  1. org yg belum pernah ke jepang mana tahu ada Golden Week...makanya bagi2 cerita ke Kompasiana Er, biar makain banyak yg tahu ada apa saja yg menarik di Jepang...GW ini semacam libur bersama kalo lebaran itu ya...

    ReplyDelete