May 16, 2012

SD di Jepang: Bincang-Bincang Dengan Kepala Sekolah 語り会

Tanggal 15 Mei 2012, sebelum saya menghadiri open class untuk kelas satu, saya berkesempatan menghadiri acara bincang-bincang (語り会) dengan kepala sekolah. Acara ini khusus diadakan dengan mengundang wali murid kelas satu pada jam yang telah disepakati sebelumnya. Tujuannya adalah agar wali murid dan kepala sekolah saling mengenal lebih dalam dan mengerti bagaimana si anak dan orang tuanya. Selain itu kami para wali murid juga diharapkan agar saling mengenal lebih dekat satu sama lain.

Acara bincang-bincang ini hanya berlangsung selama 30 menit. Kebetulan saat itu  yang hadir pada jam yang sama dengan saya ada 4 orang lain. Kami diminta memperkenalkan diri dan menceritakan tentang anak kami, kelebihan dan kekurangannya, kesukaan dan hobinya, serta hal-hal lain termasuk hal yang kami kuatirkan baik dalam pelajaran maupun pergaulan di lingkungan baru di SD.

Rasanya jadi diperhatikan sekali dengan adanya acara ini. Selain bisa merasa lebih dekat dan mendapat beberapa advis, kami para wali murid juga dapat saling bertukar informasi.

2 comments:

  1. aku jg pernah diceritain teman yg di Filipina, ada acara semacam bincang2 kayak gini dan itu bagus banget jd kalo kita punya masalah dlm menghadapi anak2 kita dirumah, paling tdk bisa dicari solusinya bersama2, kalo di Indonesia kayaknya gak ada deh, paling2 pertemuan dgn orang tua murid utk membahas masalah kenaikan SPP...cape deh..

    ReplyDelete
  2. Iya Tik, memang ini tujuannya supaya kl anaknya bermasalah bisa dipecahkan sama2 pihak sekolah dan orang tua murid. Disini SD sampai SMP kan wajib belajar jadi gak bayar SPP alias gratis. Buku pelajaran juga dikasih gratis gak bayar apa2. Cuman bayar makan siang aja setiap bulan sama keperluan2 kecil alat2 tulis aja.

    ReplyDelete