May 21, 2012

Gerhana Matahari Cincin 2012 Annular Solar Eclipse 金環日食

Hari ini tanggal 21 Mei 2012 hampir semua orang di Jepang sedang heboh dengan fenomena alam gerhana matahari total yang bisa dilihat sekitar pukul 7.30 pagi di seputaran Tokyo. Gerhana matahari total ini terakhir terjadi 25 tahun yang lalu, dan untuk daerah Tokyo, Kanagawa dan sekitarnya bisa dilihat dengan jelas 173 tahun yang lalu. Oleh karena itu bayangkan betapa excited nya kami di sini menyambut gerhana matahari ini. 

Banyu sudah mendapat pengumuman untuk melihat gerhana ini secara massal dari sekolah. Bukan hanya murid-murid saja, tetapi para wali murid boleh datang bersama keluarga, tetangga, atau siapa saja lalu melihat gerhana ini dari halaman sekolah bersama-sama. Tentu saja tidak boleh melihat gerhana ini dengan mata telanjang, sehingga para murid diberi kaca mata khusus untuk melihatnya. Kaca mata khusus ini dijual di toko-toko dengan harga berkisar antara 1400-1800 yen. Selain itu untuk memberi bayangan kepada murid-murid, sejak 1 atau 2 minggu sebelumnya di kelas sudah diputar film mengenai gerhana matahari total ini. Selain itu guru-guru juga mengajari murid-murid bagaimana cara menggunakan kaca mata khusus itu dan membuat simulasi gerhana agar murid-murid bisa menggunakan kaca mata itu dengan benar pada waktunya. Sebagai tambahan, Banyu hari ini harus berangkat pukul 6.40 ke sekolah. Terpaksalah kami semua bangun pagi-pagi hehehe..

Wah tinggal 6 menit lagi matahari akan tertutup bulan (pukul 7.34). Televisi sejak pagi sudah heboh menyiarkan proses gerhana ini. Ada yang sampai mengundang bintang tamu grup penyanyi terkenal, SMAP, untuk menyanyi live di atas atap gedung kantor mereka tepat saat gerhana matahari cincin berlangsung selama 6 menit. Semua televisi sampai saat-saat terakhir masih tetap menghimbau masyarakat agar tidak melihat gerhana dengan mata telanjang, sunglass, kamera dan alat-alat lain yang tidak seusai karena bisa merusak kornea mata.







Bahkan saya lihat di televisi, ada yang sengaja mengadakan upacara pernikahan pagi ini di tepi pantai, dengan harapan upacara itu berlatar belakang gerhana ini. Romantis sekali kaaaan..... Sayangnya, hari ini agak berawan, jadi kadang-kadang gerhana terlihat jelas dan kadang-kadang tertutup awan tipis.

Terus terang saya terkesan sekali dengan gerhana matahari kali ini. Bukan hanya karena keindahannya tetapi karena persiapan menghadapi gerhana ini dengan detil. Setiap hari Banyu pulang dari sekolah membawa berbagai macam pengumuman, himbauan dan berbagai edaran mengenai cara melihat gerhana matahari dengan benar. Selain itu kaca mata khusus juga dijual di berbagai tempat sehingga orang tidak kesulitan membelinya.

Mudah-mudahan tahun 2030 saya masih bisa melihat gerhana matahari cincin yang diperkirakan akan bisa dilihat di Pulau Hokkaido.

1 comment:

  1. kalo gak salah 2 minggu yg lalu ada jg tuh gerhana bulan, aku sdh siap2 mengabadikan jew...meskipun cuman pake kamera pocket...ternyata mendung, gak kelihatan deh...

    ReplyDelete