Jun 8, 2014

不在連絡票 Surat dari kantor pos


Di Jepang ada suatu surat yang disebut 不在連絡票(fuzairenrakuhyou). Saya tidak tahu apakah di Indonesia ada surat semacam ini atau tidak, sehingga saya terjemahkan saja dengan terjemahan bebas ya, surat pemberitahuan pengiriman barang ketika tidak ada orang di alamat yang dituju. Aduuuuh panjang banget ya terjemahannya! Surat ini diterbitkan oleh kantor pos atau perusahaan ekspedisi yang mengantar barang/surat tercatat ke alamat kita. Bila di rumah tidak ada orang yang menerima barang tersebut, alias rumahnya kosong, biasanya pak pos atau petugas ekspedisi meninggalkan surat ini di kotak pos di depan rumah. 

Di surat itu tercantum nomor telepon yang bisa dihubungi untuk meminta agar barang dikirim kembali pada hari, tanggal dan jam yang kita tentukan sendiri. Selain melalui telepon, kalau kita tidak ingin mengeluarkan biaya untuk menelepon, kita juga bisa request pengiriman kembali melalui situs resmi pos/perusahaan ekspedisi tersebut. Contoh surat pemberitahuan seperti foto di atas. Di situ selain nomor telepon dan alamat situs, juga tercantum, tanggal dan jam berapa mereka datang ke rumah kita. Dan yang terpenting, mereka mencantumkan tracking number, yaitu nomor untuk melacak kiriman tersebut. 

Pada saat menelepon atau mengisi formulir permohonan pengiriman kembali melalui internet, kita diminta mengisi nomor tersebut, tanpa nomor tersebut akan sulit sekali bagi mereka untuk mengirimkan kembali barang ke alamat tujuan. Suatu hari saya pernah saking sibuknya, saya tidak segera menelepon kantor pos untuk minta pengiriman kembali dan ketika saya teringat harus menelpon, surat pemberitahun ini sudah hilang entah kemana. Saya nekat menelepon kantor pos terdekat yang biasa melayani pengiriman barang ini, perlu waktu berhari-hari melacaknya tanpa nomor pelacakan, dan akhirnya barang yang sudah dikirim tersebut dikembalikan ke pengirimnya karena dianggap tidak ada penerima di alamat yang dituju.

Bagi saya sistem ini praktis tapi sekaligus merepotkan apabila kita kehilangan surat pemberitahuannya, sebab mereka tidak bisa begitu saja melacak melalui alamat ataupun nomor telepon kita. Yang harus saya lakukan adalah mengurangi sifat pelupa dan suka menunda saya nih. Peace!!

Higashirinkan 2014.06.08







1 comment: