Dec 30, 2011

KIZUNA Kanji Tahun 2011 di Jepang

Sejak tahun 1995 yaitu tahun terjadinya gempa besar di Kansai, Asosiasi Sertifikasi Kemampuan Kanji Jepang setiap tahun mengumumkan huruf kanji terpopuler tahun itu berdasarkan surat yang masuk ke asosiasi mereka. Biasanya huruf kanji yang paling banyak dipilih adalah huruf yang menggambarkan kejadian yang paling populer tahun itu. Pengumuman huruf kanji tahun ini (Kanji of The Year) biasanya jatuh pada hari Kanji pada tanggal 12 Desember. Tahun ini pengumuman dilaksanakan di kuil Kiyomizudera di Kyoto, dan huruf kanji yang terpilih sebagai kanji tahun 2011 adalah huruf kanji KIZUNA (絆)yang bisa diartikan sebagai "ikatan". 

Kanji Kizuna diumumkan sebagai kanji tahun 2011 di Kuil Kiyomizudera Kyoto
(Foto dari Sankei Online)

Rasanya kanji ini memang tepat dipilih sebagai huruf kanji tahun ini akibat gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepang pada bulan maret yang lalu. Bencana yang terjadi bertubi-tubi malah semakin menguatkan ikatan antar anggota keluarga dan anggota masyarakat. Bukan hanya masyarakat di daerah bencana saja, tetapi masyarakat di seluruh Jepang berupaya mendukung pemulihan daerah bencana dengan segala cara. Ada yang menjadi tenaga sukarelawan di hari libur, ada yang mengkoordinir sumbangan pakaian musim dingin, atau ikut mempromosikan kembali tempat wisata atau makanan khas di daerah bencana sehingga orang tertarik datang kesana. Tidak kurang pemerintah sendiri tahun ini ikut mempromosikan daerah bencana seperti Aomori, Iwate, Sendai dan sebagainya sebagai daerah tujuan wisata bekerja sama dengan perusahaan kereta api baik JR maupun milik swasta.

Poster ajakan mengunjungi daerah bencana di Tohoku oleh JR
(jreast.co.jp)
Kembali ke pemilihan huruf kanji kizuna sebagai huruf tahun ini, kanji ini dipilih oleh 61.453 suara dari total 496.997 suara yang masuk. Semua orang bisa mengajukan kanji yang ingin dipilih melalui website asosiasi tersebut, maupun memasukkan pilihannya di kotak-kotak suara yang ditaruh di tempat-tempat tertentu. Tahun ini huruf kanji yang menempati peringkat kedua adalah huruf kanji SAI (災)yang berarti bencana (28.648 suara), peringkat ketiga SHIN (震)berarti getaran atau gempa dengan 26.972 suara, peringkat keempat NAMI (波)yang artinya gelombang (dalam huruf kanji salah satu unsur kata tsunami adalah kanji gelombang ini) dengan 17.832 suara, dan peringkat kelima TASUKE (助)yang berarti bantuan atau membantu dengan 14.011 suara. Dari lima peringkat teratas ini dapat dilihat bahwa kesan yang tertinggal dalam diri orang Jepang pada tahun ini adalah gempa besar pada bulan Maret yang lalu. Semua huruf kanji berkaitan dengan peristiwa gempa itu.

Sebetulnya pada tahun 1995 kanji yang terpilih pada tahun itu adalah kanji SHIN (gempa) karena gempa besar tahun itu memakan korban yang tidak sedikit di daerah Kobe dan sekitarnya. Kanji SAI (bencana) pun pernah terpilih pada tahun 2004 karena tahun itu terjadi gempa di Niigata dan banjir badang di Fukushima yang memakan banyak korban. Untunglah tahun ini bukan kanji gempa atau bencana yang terpilih kembali. Huruf kanji lain yang juga masih saya ingat adalah huruf kanji KAERU (帰), berarti pulang, yang terpilih pada tahun 2002. Tahun itu beberapa orang Jepang yang selama puluhan tahun diculik dan dijadikan mata-mata oleh Korea Utara berhasil dipulangkan ke Jepang dengan selamat meski sebagian besar dari mereka masih tidak diketahui nasibnya hingga kini. Saya masih ingat tahun itu saya menonton acara yang menyiarkan kepulangan mereka di televisi dan ikut terharu biru menyaksikan perjumpaan mereka dengan keluarga masing-masing setelah bertahun-tahun terpisah.

Ngomong-ngomong, tahun lalu kanji yang terpilih adalah kanji ATSUI (暑)yang berarti panas, karena musim panas tahun lalu memang panasnya luar biasa sehingga banyak orang yang pingsan atau bahkan meninggal dunia akibat panas yang menyengat dan dehidrasi. Tahun 2009 kanji yang terpilih adalah kanji ATARASHII (新)yang berarti baru. Tahun 2009 partai politik Minshuto (Partai Demokrat) memberi warna baru dalam kancah politik Jepang dengan memenangkan pemungutan suara menggantikan partai Jiminto (LDP) yang sudah puluhan tahun berkuasa. Hal ini ditandai dengan naiknya Yukio Hatoyama dari partai Demokrat menjadi Perdana Menteri Jepang. 

Menyenangkan sekali menanti-nanti huruf kanji apa yang akan terpilih setiap tahun pada bulan Desember. Dengan melihat huruf kanji yang terpilih rasanya saya pun jadi bisa ikut melihat kembali apa yang telah saya alami atau lakukan pada tahun tersebut. Tahun ini pun demikian, dan resolusi saya untuk tahun depan tidak muluk-muluk. Saya ingin sekali menghilangkan mood bisa bekerja hanya kalau waktu sudah mepet, hehehhehe gak ok banget ya! Tapi bener deh, mengerjakan segala sesuatu kalau sudah kepepet kadang-kadang bisa menghasilkan ide cemerlang tapi seringnya sih malah bikin saya jadi sakit karena kurang tidur dan tidak teliti karena buru-buru. Mudah-mudahan tahun depan saya lebih bisa menggunakan waktu lebih baik lagi.

Selamat menyambut tahun baru ya!!



No comments:

Post a Comment