Dec 4, 2011

illumination

Awal Desember, dingin rasanya mulai gak tertahankan.
Meskipun resminya secara kalender musim dingin akan dimulai tgl 22 Desember dan berakhir tanggal 20 Maret, tapi biasanya orang-orang (termasuk saya) sudah merasakan dinginnya angin musim dingin sejak awal bulan Desember. Sejak 2 hari yang lalu di Tokyo cuaca sudah mulai suram dan suhu jatuh sampai 3 derajat seharian. Menggigil deh.... Hehheee...

Selain pemanas ruangan yang mulai dihidupkan, selimut listrik, karpet listrik dan berbagai peralatan musim dingin mulai dikeluarkan dari tempat persembunyiannya. Maklum saya anti dingin jadi pasti maunya musim ini cepat-cepat berlalu. Satu hal yang selalu saya nantikan di musim dingin adalah illumination. Tau kan apa itu?? Illumination di Jepang adalah sebutan untuk lampu-lampu LED yang sengaja dipasang menghiasi pohon-pohon atau area tertentu. Biasanya lampu-lampu ini berwarna warni dan dipasang mulai akhir bulan November sampai Januari, bahkan ada yang sampai bulan Februari. Indah sekali.

Restoran pun berhias lampu-lampu illumination

Illumination dengan tema natal di daerah Toyocho
Hari ini kebetulan saya mengikuti simposium di GRIPS yang terletak di daerah Roppongi sampai sore, sehingga dalam perjalanan pulang saya dan seorang teman menyempatkan diri mampir ke Mall Tokyo Midtown yang di salah satu bagiannya dipasang lampu-lampu illumination yang indah sekali. Tidak seperti lampu illumination biasa yang dipasang di daerah-daerah lain, illumination yang ada di Midtown ini tidak hanya menghiasi pohon-pohon saja tetapi ada yang sengaja dipasang di suatu lahan yang lumayan luas. Illumination ini membuat suatu bentuk tertentu dan menciptakan ilusi seolah-olah bergerak seperti bintang jatuh dan sebagainya. Sangaaaattt indah!
Illumination berbentuk gelas champagne di Tokyo Midtown
Saya ingat pertama kali saya melihat illumination di Jepang sekitar tahun 96 yang dipasang di daerah Kobe. Waktu itu lampu-lampu itu dengan indahnya dipasang di daerah pertokoan di sana dan orang berbondong-bondong berkunjung ke sana dalam suhu di bawah 0 derajat untuk menikmatinya.
Illumination di Kobe (Wikipedia)
Illumination di Stasiun Tokyo 2003 (millenario.com)
Setelah tinggal di Tokyo setiap akhir tahun saya sebisa mungkin menyempatkan diri menikmati indahnya illumination. Sekitar tahun 2000-an illumination yang terkenal adalah yang dipasang di depan stasiun Tokyo. Indahnya bukan kepalang..... Selain itu saya beberapa kali melihat illumination di daerah Shinjuku, yaitu di Southern Terace (keluar dari pintu selatan di stasiun Shinjuku), Aoyama 1 Chome, di sepanjang jalan Omotesando mulai dari perempatan stasiun Omotesando sampai ke Harajuku dan beberapa illumination kecil di tempat lain. Biasanya lampu-lampu illumination ini dinyalakan mulai pukul 17.00-23.00 setiap hari.
Pohon-pohon berhiaskan lampu LED di dekat stasiun Shinjuku

Southern Terrace Shinjuku

Sepanjang jalan Omotesando sampai Harajuku
Bila illumination di tempat-tempat umum dipasang atas inisiatif pemerintah daerah atau institusi tertentu, illumination lain yang menarik adalah yang dipasang di rumah-rumah pribadi. Di daerah Machida ada perumahan mewah yang setiap akhir tahun semua rumah di sana kompak memasang illumination di rumah mereka. Hal ini tentu saja menarik pengunjung dari berbagai tempat, sehingga ketika seorang kenalan mengajak saya kesana, jalan di dalam kompleks itu padat dengan mobil pengunjung yang menik mati lampu-lampu yang indah itu. Saya hanya berpikir apa penduduk daerah situ tidak terganggu ya....

1 comment: